Kampus Tahfizh, Mencetak Intelektual Muda yang Qur-ani

Image


LATAR BELAKANG

Kampus Tahfizh merupakan sebuah wadah kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam pembinaan ruhiyah mahasiswa, melalui pembinaan Al Qur’an. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan di bawah pengawasan Yayasan Pendidikan Islam Al Atsari yang diharapkan menjadi benih bagi generasi mendatang yang Qur’ani.

Kampus Tahfizh menawarkan berbagai program yang bertujuan untuk mencetak generasi pecinta dan penghafal Al Qur’an, terutama dari dunia kampus. Selain itu, Kampus Tahfizh juga bertujuan untuk memberikan materi tahsin dan tahfizh Al Qur’an kepada mahasiswa secara profesional, meningkatkan kuantitas dan kualitas interaksi umat terhadap Al Qur’an, juga mewujudkan masyarakat yang gemar membaca dan menghafal Al Qur`an dengan tartil.

Berbagai program tersebut berlokasi di berbagai mushola dan masjid di sekitar kampus UGM dan kampus lainnya. Metode pembelajaran yang ditawarkan pun beragam: pelatihan tahsin dan tajwid, talaqqy, setoran hafalan Al Quran, kajian rutin, camp qur’an, dan kegiatan lainnya.

PERKEMBANGAN KAMPUS TAHFIZH

Pada saat tulisan ini dibuat, kampus tahfizh telah memasuki angkatan ketiga. Melihat jumlah dan animo pendaftar pada tiga angkatan tersebut, kita patut bersyukur kepada Allah bahwa di tengah berbagai kesibukannya, banyak mahasiswa yang masih memiliki perhatian dan ketertarikan untuk mempelajari dan menghafal Al Qur’an. Pada angkatan pertama dan kedua, tidak kurang dari 120 santri yang mendaftar. Memasuki angkatan ketiga, dimana program mulai dibuka untuk putra dan putri, tercatat sekitar 220 pendaftar.

KONDISI KEUANGAN KAMPUS TAHFIZH DAN KEBUTUHAN DONASI

Salah satu kendala mendasar yang dihadapi oleh Kampus Tahfizh selama ini adalah keterbatasan dana untuk operasional kegiatan belajar mengajar.Dibutuhkan dana sebesar Rp. 24.300.000,- untuk operasional kegiatan belajar mengajar selama satu periode. Rincian lebih lanjut mengenai rencana anggaran keuangan Kampus Tahfizh dapat dilihat pada proposal terlampir.

KETENTUAN DONASI

Bagi kaum muslimin yang hendak memberikan donasi untuk Kampus Tahfizh dapat mentransfer ke nomor rekening Donasi Dakwah YPIA sebagai berikut:

  1. Bank BNI Syariah Yogyakarta atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Nomor rekening 024 1913 801.
  2. Bank Muamalat atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari Yogyakarta. Nomor rekening: 5350002594
  3. Bank Syariah Mandiri atas nama YPIA Yogyakarta. Nomor rekening: 703 157 1329.
  4. CIMB Niaga Syariah atas nama Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari. Nomor rekening: 508.01.00028.00.0.

Catatan :

Setiap donatur yang telah melakukan transfer kami mohon untuk dapat memberikan SMS konfirmasi ke nomor: 0857-4722-3366 dengan format sebagai berikut:

Nama#Alamat#Besaran Donasi#Tanggal Transfer#Via Rekening#Kampus Tahfizh

Contoh: Abdullah#Bekasi#1.000.000#25 Februari 2014#BNI Syariah#Kampus Tahfizh

PENUTUP

Penjelasan lebih lanjut mengenai kegiatan Kampus Tahfizh dapat dilihat pada proposal terlampir.

Allah berfirman, yang artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 261).

Semoga Allah mengganti setiap amal shalih yang kita lakukan di jalan Allah dengan yang ganti lebih baik dan memudahkan urusan kita, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Barakallahu fiikum.

[ DOWNLOAD LINK PROPOSAL]

DI SINI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s